Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Pelaku "Sweeping" Kendaraan Berpelat N di Suramadu Ditangkap

Kompas.com - 06/05/2016, 16:40 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengamankan 42 pelaku sweeping kendaraan pelat N di pintu Tol Suramadu sisi Surabaya, Jumat (6/5/2016) dini hari tadi. 

Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kompol Yanuar Herlambang, mengatakan, kini mereka diperiksa, dan didalami masing-masing perannya dalam aksi sweeping terhadap kendaraan asal Malang.

"Kami juga sedang mendalami siapa otak pelakunya," ucapnya, Jumat (6/5/2016) siang.

Selain 42 pelaku sweeping, 37 kendaraan roda dua yang diduga milik pelaku juga diamankan. Yanuar mengatakan, para pelaku mengaku sebagai simpatisan Suporter Bonek atau pendukung klub Persebaya Surabaya.

"Nanti akan dipilih mana yang melakukan pengerusakan atau hanya saksi," jelasnya.

Seperti diberitakan, ratusan massa melakukan aksi sweeping kendaraan asal Malang yang akan melintas di tol Suramadu dari sisi Surabaya dini hari tadi Aksi tersebut karena klub sepakbola Arema Cronus bertanding ke kandang Madura United dalam laga lanjutan Torabika Soccer Championship 2016 di Stadion Gelora Bangkalan.

(Baca juga: Bonek "Sweeping" Mobil Plat N di Pintu Tol Suramadu)

Dalam aksinya, mereka menghentikan semua kendaraan termasuk bus. Massa menggebrak, memukul, dan melempar kendaraan dengan benda keras hingga kacanya pecah.

Bahkan bukan hanya kendaraan berpelat nomor N saja yang di-sweeping, kendaraan pelat nomor selain N juga menjadi sasaran. Pantauan Kompas.com, aksi sweeping terus berlanjut hingga pukul 03.00 WIB dini hari tadi.

(Baca juga: Diancam "Sweeping", Mobil Rental dan Bus Berpelat N Batal Menyeberang Suramadu)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com