Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Server Rusak, Pelaksanaan UN Molor Selama 3 Jam

Kompas.com - 04/04/2016, 14:43 WIB
Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Ujian Nasional (UN) berbasis komputer di SMAN 4 Kendari, Sulawesi Tenggara, mengalami penundaan selama hampir tiga jam akibat gangguan jaringan di panitia UN pusat.

Gangguan tersebut disebabkan oleh tidak koneknya jaringan komputer dari panitia UN yang menangani semua CBT pusat dengan server sekolah. Akibat gangguan itu, sebanyak 26 siswa pada laboratorium empat di SMAN 4 Kendari, terlihat gelisah dan hanya berada dalam kelas sembari menunggu perbaikan jaringan server komputer.

Humas UN SMAN 4 Kendari, Liyu, mengungkapkan, untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya harus berkoordinasi dengan panitia UN Pusat.

"Setelah kami laporkan ke pusat, baru bisa diperbaikan jaringannya dan UN untuk Lab 4 baru bisa terlaksana sekitar pukul 11.00 Wita. Kerusakannya bukan di sekolah kami, tapi masalah jaringan komputer di pusat," kata Liyu, Senin (4/4/2016).

Akibat kejadian itu, laboratorium 4 yang terbagi ada 3 gelombang pelaksanaan Ujian Nasional mengalami penundaan dari jadwal yang ada.

"Jadi gelombang pertama mulai jam 11, kedua sekitar jam 1 dan gelombang tiga dimulai setengah 4 sore ini," tutur Liyu.

Meski mengalami kendala, dia menjamin tidak akan ada siswa yang dirugikan akibat gangguan jaringan tersebut.

Adapun jumlah peserta Ujian Nasional di SMAN 4 sebanyak 466 yang terbagi dalam 4 bilik (Lab), sedangkan yang menggunakan sistem komputerisasi dalam pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2016 di Provinsi Sulawesi Tenggara tercatat ada 9 sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com