Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Agenda Jokowi dalam Kunjungan 19 Jam di Balikpapan

Kompas.com - 23/03/2016, 19:59 WIB
Dani Julius Zebua

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Presiden RI Joko Widodo tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (23/3/2016) malam. Dalam kunjungan itu, Jokowi akan meninjau progres pembangunan jembatan tol Balikpapan-Samarinda dan membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) pada Kamis (24/3/2016) besok.

"Malam ini tiba di Bandara Sepinggan. Sampai saat ini belum ada rencana agenda di bandara, maka kemungkinan akan langsung melintasi jalan protokol lantas masuk penginapan di Hotel Gran Senyiur," kata Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman Kolonel Inf Andi Gunawan, Rabu.

Jokowi dijadwalkan berada di Balikpapan selama kurang lebih 19 jam. Ia akan menjalani dua agenda utama selama kunjungannya ini.

Kepala Negara akan melihat langsung kemajuan pembangunan tol di Kilometer 13 poros Balikpapan-Samarinda pada kunjungan pertama pukul 09.00 Wita. Panitia menyiapkan posko kerja dan tenda untuk menjelaskan progres pembangunan tol itu.

Pada agenda kedua, Jokowi akan langsung ke asrama haji di daerah Batakan, Kecamatan Balikpapan Timur. Di sana, Jokowi dijadwalkan akan membagi KIS pada  400 warga. Acara Presiden di AHaji Batakan ini selesai pukul 11.30 Wita.

Sebelum mengakhiri lawatan, Jokowi bersama rombongan rencananya akan makan siang menu Balikpapan, yakni serba makanan laut.

"Rencananya Presiden akan makan siang (di RM Apong) kemudian take off pukul 13.30," kata Andi.

Pengamanan ketat diterapkan di seluruh rangkaian perjalanan Jokowi. Andi mengatakan, pengamanan ini melibatkan 4.000 personel gabungan dari TNI-Polri.

Kunjungan ini merupakan serangkaian perjalanan Jokowi di Kalimantan sejak Selasa (22/3/2016) lalu.

Kemarin, Jokowi meresmikan Jembatan Kapuas Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Jembatan merupakan jembatan terpanjang di Kalbar dan menghubungkan tiga provinsi, yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

Jokowi juga meninjau perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, Rabu hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com