Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Earth Hour 2016", PLN Bali Prediksi Turunkan Beban hingga 41 MW

Kompas.com - 19/03/2016, 07:26 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengajak masyarakat untuk mematikan listrik selama satu jam, mulai pukul 20.30-21.31 Wita. Ajakan ini terkait momentum Earth Hour, Sabtu 19 Maret 2016, hari ini.

PLN Bali menyebut, Earth Hour 2016 dipastikan akan menurunkan beban listik di Bali lebih dari tahun lalu.

Pada momen yang sama tahun 2015 lalu, PLN Bali mencatat penurunan konsumsi listrik sebesar lima persen, atau setara dengan 36 megawatt.

"Berdasarkan data tersebut, prediksi penurunan konsumsi listrik sebesar 41 megawatt pada tahun ini," kata Melva Yusmawati, Humas PLN Distribusi Bali, Denpasar, Bali, Sabtu (19/3/2016).

Melva juga menjelaskan, beban puncak di Bali pada tahun 2016 yang tercatat sebesar 822 MW. Dengan aksi Earth Hour, maka secara langsung akan membantu menurunkan beban listrik Bali.

Melva juga mengharapkan partisipasi masyarakat dalam momentum yang baik ini sehingga mampu mengurangi jumlah emisi yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari.

Emisi inilah yang sering disebut sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim. Sehingga Earth Hour menjadi simbol kepedulian masyarakat dalam mengistirahatkan bumi selama satu jam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com