Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Saya Pernah Dicalonkan Jadi Menteri, tetapi Saya Tidak Bisa

Kompas.com - 09/03/2016, 14:53 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku, namanya tidak hanya disebut-sebut sebagai kandidat calon gubernur DKI.

Ia mengatakan, namanya juga pernah disebut masuk ke dalam jajaran Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.   

"Nama saya juga sempat masuk jadi kandidat menteri di kabinet pimpinan Presiden Jokowi, tetapi saya tidak bisa, saya masih punya komitmen dan janji dengan warga Surabaya," kata Risma seusai menyaksikan gerhana matahari total (GMT) di Pantai Kenjeran, Rabu (9/3/2016).

Dia mengaku sudah dua kali menghadap Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri untuk menyampaikan penolakannya itu.

"Yang pertama, saya disebut sebagai calon menteri, saya menghadap. Baru-baru ini, saya juga dijadikan cagub DKI, saya juga menghadap," tambah dia.

Di hadapan Megawati, Risma juga menekankan, dia tidak bisa mengingkari komitmen dan janjinya untuk memimpin Surabaya hingga lima tahun ke depan. 

Sebelumnya, nama wali kota perempuan pertama Surabaya itu disebut-sebut masuk bursa calon gubernur DKI yang akan diusung PDI-P.

Selain Risma, nama lain yang juga muncul adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Belakangan, ketiganya sama-sama menolak dan memilih menyelesaikan tugasnya menjadi kepala daerah di tempat masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com