Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Sembunyi di Papua Nugini, Pembunuh Praka Langgeng Akhirnya DItangkap

Kompas.com - 04/03/2016, 05:38 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pelaku pembunuhan anggota Kodim 1701/Jayapura Praka Langgeng di depan markasnya pada 16 September 2015 lalu adalah salah satu anggota kelompok kriminal bersenjata di Papua.

Pelaku yang bernama Meki Tabuni ini berhasil ditangkap tim gabungan TNI Polri di daerah Koya Timur, Kota Jayapura, pada Kamis (3/3/2016) pagi sekitar pukul 10.00 WIT.

Selama lima bulan terakhir Meki berstatus buron. Ia bersembunyi di sejumlah tempat untuk menghindari penangkapan. Salah satu tempat persembunyian Meki di daerah Wutung, negara Papua Niugini.

Ia memasuki wilayah itu melalui jalur ilegal. Dari hasil pemeriksaan aparat keamanan di rumah pelaku di daerah Yapis Kecamatan Jayapura Utara sekitar pukul 17.00 WIT, petugas menemukan sebuah kaos penuh bercak darah yang dikenakan pelaku ketika melakukan aksinya.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, Meki adalah anak buah dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) di bawah pimpinan Dani Kogoya yang selama ini beraksi di daerah Abe Gunung di Jayapura.

"Ia ditangkap ketika hendak melarikan diri ke negara Papua Niugini. Keberhasilan penangkapan Meki adalah sinergi antara anggota kami dan TNI. Saat ini ia telah diamankan di Markas Polres Kota Jayapura untuk menjalani pemeriksaan lanjutan," kata Paulus.

Ia pun menambahkan, tak hanya Meki yang terlibat dalam aksi pembunuhan Praka Langgeng.

"Meki mengaku bersama seorang temannya bernama Eli Tabuni yang membunuh korban. Saat ini anggota kami masih mengejar rekan Meki tersebut," tambah Paulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com