Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-gempa, Warga Meulaboh Sempat Panik Dapat Kabar Air Laut Surut 5 Meter

Kompas.com - 02/03/2016, 22:51 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com — Meski warga di pesisir Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, tak merasakan getaran gempa 7,8 skala Richter (SR) yang berpusat di Mentawai, Sumatera Barat, warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah.

Warga panik setelah mendengar kabar dari pemberitaan televisi nasional bahwa air laut surut hingga 5 meter.

"Warga panik setelah mendengar pemberitaan dari televisi nasional yang menginformasikan air laut surut 5 meter sehingga warga langsung keluar rumah mencari ke tempat yang lebih aman dari laut," kata Mustarudin, Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Aceh Barat kepada wartawan, Rabu (2/3/2016).

Menurut Mustarudin, warga di Aceh Barat pasca-gempa awalnya tak mengalami kepanikan karena mereka tidak merasakan langsung guncangan gempa.

Namun, warga mulai panik dan meninggalkan rumah setelah mendengarkan informasi yang dilaporkan langsung dari salah satu televisi nasional swasta.

"Ini informasi beredar membuat masyarakat trauma, padahal air laut tidak surut 5 meter. Air laut normal seperti biasa, hanya pasang surut," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com