Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulcok "Si Jago Hitung" Sering Diminta Jauhi Sekolah Saat Ada Ujian

Kompas.com - 25/02/2016, 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kemampuan berhitung yang dimiliki Ruslan Yusuf atau Ullang Cokmo (Ulcok) sering kali dimanfaatkan oleh pedagang atau warga yang senang akan kehadirannya. Namun, tidak demikian halnya ketika ia berada di dekat sekolah pada saat ujian.

Ulcok yang tidak lulus sekolah dasar kini sering mengisi waktunya dengan datang ke warung atau kantor di Makassar, Sulawesi Selatan.

Warga yang melihat pemuda berjulukan "Si Kalkulator Berjalan" ini mampir kerap memintanya sekadar untuk memperlihatkan kemampuannya berhitung tanpa alat hitung.

(Baca: Ulcok dari Makassar, Tak Lulus SD tetapi Jago Hitung-hitungan Rumit)

"Sering diminta ke warkop-warkop (warung kopi). Penjual suka minta dia hitung dagangannya," kata ibu Ulcok, Nuraeni, saat ditemui seusai mendampingi Ulcok tampil dalam siaran di Kompas TV, Jakarta, Kamis (26/2/2016).

Nuraeni merasa bersyukur karena banyak orang yang menerima keberadaan putra keempat dari tujuh bersaudara tersebut.

Menurut dia, warga sering memanfaatkan kecepatan Ulcok dalam menjawab soal hitungan yang kompleks untuk berbagai keperluan. Tak jarang pula, Ulcok mendapat imbalan ala kadarnya atas jawaban-jawaban yang ia berikan.

Ulcok juga sering ditelepon teman-temannya yang masih sekolah. Mereka meminta Ulcok datang membantu mereka ketika ada ujian di sekolah.

"Sering ditelepon anak-anak sekolah, suruh datang ke sekolah karena ada ujian besok. Namun, sama guru diusir, enggak boleh dekat-dekat, nanti dikira kasih contekan," ujar Nuraeni sambil menemani Ulcok yang tengah melahap sate ayam di kantin Gedung Kompas Gramedia, Palmerah, Jakarta Barat.

(Baca: Ulcok "Si Jago Berhitung" Dikeluarkan dari Sekolah Setelah Sebut Gurunya Bodoh)

Ini merupakan pengalaman pertama Ulcok datang ke Jakarta. Kedatangannya untuk memenuhi undangan siaran di tiga stasiun televisi. Sore ini, Ulcok bersama seorang kakak dan ibunya akan kembali lagi ke tempat tinggal mereka di Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com