Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Angin Kecang dan Hujan Deras di Aceh

Kompas.com - 12/12/2015, 00:28 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh memperkirakan terjadi angin kencang dan hujan deras di sejumlah daerah di provinsi itu.

Daerah yang berpotensi terkena angin kencang dan hujan deras adalah Kota Lhokseumawe, Aceh Utara, dan Aceh Timur.

Kepala Seksi Bidang Informasi dan Data BMKG Stasiun Blang Bintang Zakaria, Jumat (11/12/2015) menyebutkan, berdasarkan hasil pantauan setelit, terjadi pusaran angin di Samudera Hindia.

Akibat pusaran angin di Samudera Hindia tersebut, terjadi belokan angin di wilayah Aceh, sehingga terjadi pertumbuhan awan konvektif yang mengakibatkan angin kencang dan hujan deras.

“Daerah yang terkena cuaca buruk seperti wilayah Aceh bagian Barat dan Selatan, serta daerah-daerah di pantai timur, seperti Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, dan beberapa daerah lainnya,” ujar dia.

Kondisi itu diperkirakan akan terjadi selama tiga hari ke depan. Saat ini, kecepatan angin diperkirakan lebih dari 50 kilometer per jam.

“Bagi para nelayan diharapkan berhati-hati, karena angin kencang tersebut bisa menyebabkan tingginya gelombang laut, terutama bagi kapal-kapal kecil. Apabila ingin berlayar harus membawa peralatan evakuasi,” kata Zakaria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com