Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai Desember, Waspadai Cuaca Ekstrem di Lhokseumawe

Kompas.com - 23/11/2015, 02:06 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang, Aceh memperkirakan cuaca ekstrem akan melanda Lhokseumawe dan sekitarnya hingga Desember mendatang.

Untuk itu, BMKG Aceh mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem tersebut.

Prakirawan BMKG Blang Bintang Aceh, Nasrun kepada Kompas.com dihubungi dari Lhokseumawe, Senin (23/11/2105) menyebutkan untuk Lhokseumawe cuaca ekstrem diperkirakan berupa angin kencang dan hujan deras.

“Angin kencang dan hujan deras itu biasanya terjadi sore atau malam hari. Untuk itu kita imbau masyarakat waspada,” ujar Nasrun.

Berdasarkan pantauan satelit, sambung Nasrun, kecepatan angin diperkirakan mencapai 70 kilometer per jam.

Kecepatan angit itu diperkirakan bisa menganggu penerbangan. “Jika kecepatan angin melebihi 50 kilometer per jam, maka sudah termasuk kategori cuaca ekstrim,” ujar dia.

Dia mengimbau, jika masyarakat melihat awan menjadi gelap pada sore hari, maka segera mencari tempat perlindungan yang aman. Sebba, kondisi itu merupakan pembentukan awan kumulunimbus.

“Awan itu bisa menyebabkan terjadinya angin kencang dan petir. Untuk itu, lebih baik berlindung jika melihat awan seperti itu,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com