Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Dikepung Kebakaran, Warga Desa Pegunungan Seram Utara Bertahan

Kompas.com - 23/10/2015, 22:53 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Meski dikepung kebakaran, namun warga sejumlah desa di wilayah pegunungan di Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah hingga kini masih bertahan di perkampungan mereka.

“Warga pedalaman di wilayah pegunungan sebagian masih bertahan di desa-desa mereka, seperti di sejumlah dusun di desa Maeno,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah, Marzuki Latuconsina kepada Kompas.com, Jumat (23/10/2015).

Dia mengungkapkan Pemkab Maluku Tengah telah memperingatkan warga untuk segera meninggalkan desa-desa mereka.

Pemkab bahkan telah menyiapkan lahan untuk merelokasi warga, namun hingga kini sebagian dari mereka masih tetap bertahan.

“Kita sudah siapkan lahan untuk relokasi, bahkan saya sudah laporkan ke BNPB soal ini,” ujarnya.

Di samping itu, lanjut Marzuki, Pemda juga telah mendistribusikan lebih dari 2.000 masker dan bahan makanan kepada warga yang masih tetap bertahan di desa-desa di wilayah pegunungan tersebut.

“Bahan makanan sudah kami distribusikan kesana termasuk lebih dari 2.000 masker sudah kami kirim ke desa-desa yang ada di wilayah itu,” katanya.

Sementara itu, Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal mengatakan, selain bahan makanan, sejumlah tenaga medis dan juga obat-obatan telah dikirim ke sejumlah desa di wilayah pegunungan Seram Utara.

”Sudah semua, jadi bahan makanan dan obat-obatan termasuk juga tenaga medis sudah dikirim ke sana,”ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com