Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Masuk Bandara Juanda Harus Lepas Cincin Akik

Kompas.com - 23/10/2015, 22:04 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com- Setiap penumpang dan pengguna jasa yang masuk ke Bandara Juanda Surabaya kini wajib melepas cincin akik yang mereka kenakan, jika cincin itu mengandung unsur logam dan sejenisnya.

Cincin akik ini harus dilepas dan melalui peminadaian sinar X sebelum penumpang dipersilakan masuk ke dalam bandara.

"Pokoknya setiap barang bawaan termasuk yang melekat di badan jika ada yang mengandung unsur logam harus dilepas. Termasuk akik kalau ada logamnya WTMD (Walk T­hrough Metal Detector) akan bunyi dan harus dilepas," kata Kepala Aviation Security Bandara Juanda, Sukirman, Jumat (23/10/2015).

Sukirman menyebutkan, bagi pengguna jasa dan barang bawaan yan­g masuk ke daerah keamanan terbatas (bandara) waji­b diperiksa.

Termasuk pemeriksaan dengan wajib melepas jaket dan topi sebelum melewati areak pemeriksaan bandara. Selama ini, penumpang di Bandara Juanda setiap masuk tak perlu melepas jaket atau topi.

Saat ini, aturan baru itu tengah diujicobakan. Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda, Liza Anindya, menuturkan bahwa sudah beberapa hari ini ketentuan itu diberlakukan.

"Besok Senin, kami akan mengundang seluruh instansi pemerintah mensosialiasikan ketentuan baru tersebut. Semua bandara, Desember nanti sudah harus memberlakukan ketentuan baru itu," kata Liza.

Ketentuan itu berdasarkan Peraturan Menteri Perhubunga­n nomor 127 Tahun 2015, tentang Progra­m Keamanan Penerbangan Nasional jo Instr­uksi Menteri Perhubungan No. INST. 3 Tah­un 2015.

Tentang Kewajiban Perbaikan Sist­em Keamanan Bandar Udara dan Peraturan D­irektur Jendral Perhubungan Udara No SKE­P/2765/XII/2010 tentang Tata Cara Pemeri­ksaan Penumpang, personel pesawat udara ­dan barang bawaan yang diangkut dengan p­esawat udara dan orang perseorangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com