Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Aviastar yang Hilang Kontak Tak Dilengkapi Pemancar Lokasi

Kompas.com - 03/10/2015, 16:13 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Badan SAR Nasional terus melakukan pencarian pesawat Aviastar bernomor penerbangan DHC6/PKBRN, yang hilang kontak pada Jumat (2/10/2015). Petugas pencari kesulitan menemukannya karena pesawat jenis Twin Otter tersebut tidak dilengkapi pemancar lokasi atau emergency locator transmitter (ELT).

"Pesawat Aviastar yang hilang kontak tidak dilengkapi ELT, sehingga radar TNI dan ATC tidak menangkap signal emergency-nya di mana pesawat ini hanya memiliki FDR (flight data recorder)," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo saat menggelar konfrensi pers di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (3/10/2015).

Menurut Soelistyo, ELT juga biasa disebut emergency locator beacon aircraft (ELBA). Alat ini merupakan perangkat suar penentu lokasi untuk pesawat. "Kita meminta ke negara sahabat karena Basarnas tidak bisa menangkap sinyal dari pesawat itu," ujarnya.

Bambang mengatakan, seharusnya hari ini, 4 helikopter yang beroperasi melakukan pencarian. Namun, karena terkendala tehnis, hanya 3 helikopter yang melakukan pencarian.

"Besok ada tambahan sebuah helikopter dari Bosowa (perusahaan swasta). Jadi total 4 helikopter yang melakukan pencarian di 6 sektor tersebut," kata dia.

Dia menambahkan, pencarian lewat udara hanya bisa dilakukan sejak pagi hingga sore hari. Sedangkan pencarian malam lewat jalur darat tidak bisa dilakukan karena gelap gulita.

Secara terpisah, General Manager PT Aviastar Mandiri Petrus Budi mengatakan bahwa tim telah mendeteksi sinyal ponsel milik kru Aviastar tersebut. Sinyal tersebut terdeteksi sejak tadi malam.

"Dari tadi malam sudah kita dapatkan sinyal HP nya," kata Petrus kepada Kompas.com, Jakarta, Sabtu (3/10/2015).

Sinyal tersebut terdeteksi di kawasan Palopo. Tim pun langsung bergerak untuk menuju ke tempat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com