Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Jemaah Haji Asal Ciamis Diketahui Tewas di Mina

Kompas.com - 28/09/2015, 10:58 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

CIAMIS, KOMPAS.com - Jemaah haji yang tewas dalam tragedi di Mina, Arab Saudi, yang berangkat dari beberapa daerah di Priangan Timur mulai terdata. Setelah lima jemaah haji asal Kota Banjar diketahui meninggal, dua jemaah haji asal Kabupaten Ciamis pun diketahui telah meninggal.

Dua jemaah haji asal Ciamis itu atas nama Nji Saadah (60) warga Dusun Lenggorsari, dan Sardjo Muljana (65) warga Tunggilisi. Kedua korban merupakan ibu mertua dan bapak kandung Yuli Nurlaelati, warga Dusun Lenggorsari, Ciamis.

"Kami kehilangan dua orangtua sekaligus di Arab Saudi," kata Yuli di rumah duka, Senin (28/9/2015).

Menurut Yuli, kabar meninggalnya bapak kandung dan ibu mertuanya diperoleh dari bapak mertuanya atau suami Nji Saadah, Solihin, melalui sambungan telepon beberapa jam setelah kejadian di Mina pada Kamis lalu.

"Bapak bilang, Ini dengan bapak. Musibah Neng (Yuli) di Mina. Alhmdulillah bapak selamat, tapi Mamah Dadah (Nji Saadah) meninggal," kata Yuli menirukan ucapan bapak mertuanya saat menghubunginya.

Dia kemudian menanyakan kabar bapak kandungnya Sardjo kepada Solihin. Saat itu, Solihin menjawab Sardjo juga telah meninggal dalam kejadian itu. Kondisi Solihin, kata Yuli, dalam keadaan luka-luka akibat terinjak-injak jemaah lain. "Bapak repot (sakit), dada keinjak, gigi rontok katanya," kata dia.

Yuli mengatakan, pihak keluarga sudah ikhlas atas kepergian orangtuanya. Saat ditanya masih belum ada pernyataan resmi dari Pemerintah terkait meninggalnya Sardjo dan Nji Saadah, Yuli tidak mempermasalahkannya. "Mungkin pemerintah sedang sibuk masih mendata," kata dia singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com