Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Razia, Semua Pekerja dan Pengunjung Karaoke Harus Jalani Tes Urine

Kompas.com - 25/06/2015, 18:09 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Seorang perempuan muda kedapatan mengkonsumsi narkoba jenis sabu-sabu saat diperiksa petugas yang sedang menggelar razia di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (24/6/2015) malam. Perempuan berinisial UL itu biasa bekerja sebagai pemandu lagu (PL) di sebuah tempat hiburan karaoke di komplek mall Jalan Bambang Soegeng Mertoyudan.

Razia dilakukan oleh tim gabungan pengendalian narkoba yang terdiri dari Satuan Narkoba Polres Magelang, Kodim 0705 Magelang dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. UL dinyatakan positif narkoba sabu-sabu setelah petugas melakukan tes urine terhadap dirinya.

”Hasil tes urinenya positif untuk satu orang berinisial UL. Seorang perempuan, warga Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang,” kata Kepala Satuan Narkoba Polres Magelang, AKP Eko Sumbodo, Kamis (25/6/2015).

Tidak hanya UL, tes urine juga dilakukan terhadap seluruh tamu maupun karyawan tempat hiburan ternama itu. Semua pengunjung kemudian dimasukkan ke dalam sebuah ruangan. Mereka dites urine satu persatu. Hanya saja hasil test mayoritas menunjukkan negati. Selain itu, petugas juga memeriksa tanda pengenal masing-masing.

”Hasil tes tersebut, menunjukkan jika UL merupakan pengguna narkoba jenis sabu-sabu.Kita tes pakai alat tespek sabu-sabu,” jelas Eko.

Eko menduga, perempuan itu menggunakan sabu-sabu sejak dua atau sepekan yang lalu. UL pun hanya akan dititipkan di panti rehabilitasi BNN Temanggung lantaran tidka ditemukan barang bukti sabu-sabu.

”Karena tidak ada bukti maka akan direhabilitasi,” ucap Eko.

Kepala BNN Temanggung Istantiyon, menyabutkan ada sekitar 38 orang yang diperiksa. Sasaranya adalah penyalahgunaan barang haram tersebut. Menurut rencana razia akan lebih ditingkatkan di sejumlah lokasi selama bulan puasa.

”Sasaran razia kali ini adalah penyalahgunaan narkoba. Namun dari pemeriksaan tadi kita tidak menemukannya,” katanya.

Menurut dia, razia dilakukan untuk menciptakan suasana aman dan nyaman, terlebih saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com