Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menabung 8 Tahun, Penjual Gorengan Akan Berangkat Naik Haji

Kompas.com - 20/04/2015, 19:27 WIB

ENDE, KOMPAS.com — Sebanyak 70 orang calon jemaah haji tahun 2005 asal Kabupaten Ende mengikuti pra-manasik (tata cara) berhaji di Aula Masjid Raya, Kota Ende, Senin (20/4/2015).

Salah satu di antara calon jemaah haji tersebut adalah seorang yang sehari-hari berprofesi sebagai penjual gorengan di Kota Ende, yakni Fathurahman Mapawa.

Saat ditemui Pos Kupang dalam pembukaan kegiatan manasik, Fatur, demikian sapaannya, mengatakan bahwa keinginan untuk menjadi seorang haji sudah dia pendam cukup lama.

Untuk merealisasikan keinginannya tersebut, dia mulai menabung sejak tahun 2007. Selama delapan tahun ia selalu menyisihkan uang hasil jerih payahnya.

"Saya sisihkan uang dari hasil gorengan setiap hari sebesar Rp 50.000 dan syukurlah uangnya akhirnya bisa saya kumpul, serta di tahun 2011 saya mulai mendaftarkan diri dan pada akhirnya di tahun 2015 ini saya akhirnya mendapatkan giliran untuk menuaikan ibadah haji," kata Fatur yang juga adalah mantan kurir koran Pos Kupang di Ende.

Alasan yang mendasari dirinya berkeinginan mengikuti ibadah haji, ujar Fatur, dilandasi kemauan untuk pergi ke Baitullah.

Fatur mengatakan, dirinya menyadari bahwa untuk pergi mengikuti ibadah haji dibutuhkan biaya yang cukup besar, maka dia mulai rajin menabung dengan harapan agar kelak bisa menuaikan ibadah haji.

Dengan hasil gorengan yang dia jual serta usaha lain menjadi kurir koran, ujar Fatur, dia bisa mengumpulkan uang sebesar Rp 25 Juta. Bekal uang tersebut dia jadikan sebagai modal untuk pergi menuaikan ibadah haji.

"Akhirnya penantian yang cukup panjang dapat terjawab setelah nama saya tercatat sebagai salah seorang calon jemaah haji yang akan menjalankan ibadah haji di tahun 2015," kata Fatur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com