Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Menumpang di Ruang Roda Pesawat Garuda, Kemenhub Harus Panggil Angkasa Pura

Kompas.com - 07/04/2015, 20:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan harus segera memanggil pihak Angkasa Pura, Kepala Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Pemanggilan itu menyusul masuknya seorang pria bernama Mario Steve Ambarita (21) ke dalam ruang roda pesawat Garuda Indonesia, sesaat sebelum pesawat itu lepas landas menuju Jakarta.

"Kemenhub harus tanya kepala bandara, Angkasa Pura selaku pengelola bandara, kenapa bisa bobol," ujar pengamat penerbangan Alvin Lie, Selasa (7/4/2015).

Menurut Alvin, peristiwa masuknya Mario ke dalam ruang roda pesawat dinilainya sudah merupakan kasus luar biasa dan persoalan serius.

Sebab, area landasan udara dan apron di bandara seharusnya steril dan terlarang untuk kegiatan apa pun.

Terlebih lagi, lanjut Alvin, bandara di Pekanbaru tersebut berdampingan dengan lapangan udara militer milik TNI AU. "Ini kasus luar biasa, tamparan buat Angkasa Pura," ujarnya.

Seperti diberitakan, seorang pria diketahui berada di ruang roda pesawat Garuda Indonesia rute Pekanbaru-Jakarta. Ia bersembunyi di ruang roda belakang pesawat.

VP Corporate Communication Garuda Indonesia Pujobroto membenarkan kabar tersebut.

"Iya benar, ada kejadian itu. GA 177 dari Pekanbaru ke Jakarta," ujar Pujobroto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com