Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 100 Warga NTB Ada di Yaman

Kompas.com - 06/04/2015, 17:05 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Lebih dari 100 warga Nusa Tenggara Barat (NTB) masih berada di Yaman yang saat ini situasinya memanas karena konflik antara militer Yaman melawan kelompok pemberontak Hout.

Menurut Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, rata-rata warga NTB yang berada di Yaman merupakan pelajar dan mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di Yaman. Mereka diperkirakan masih bertahan di Yaman karena lokasi sekolah mereka tidak menjadi area pertempuran dan relatif aman.

Menurut Zainul, hingga saat ini dia belum mendapatkan informasi secara pasti berapa jumlah warganya yang masih berada di Yaman. Namun dia telah meminta Bakesbangpoldagri untuk mengecek kepastian kondisi warga NTB yang saat ini masih bertahan di Yaman.

"Saya pikir lebih dari seratus jumlahnya," kata Zainul Majdi, Senin (6/4/2015).

Gubernur mengatakan, saat ini Pemerintah pusat telah menyiapkan sarana untuk melakukan proses evakuasi terhadap WNI yang berada di Yaman. Untuk itu, Zainul mengimbau kepada warga NTB di Yaman untuk mendaftar ke KBRI agar segera dapat dievakuasi.

"Pada saat seperti ini keselamatan yang utama. Belajar bisa kapan saja tapi nyawa harus dijaga," kata Zainul.

Sementara itu, terkait konflik yang tengah terjadi di Yaman sekarang ini, Zainul memastikan bahwa warganya tidak ada yang terlibat dengan konflik dan tergabung dalam gerakan radikal di Yaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com