Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI: Bukan Tidak Mungkin Poso Disusupi ISIS

Kompas.com - 16/03/2015, 14:46 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, pencegahan terhadap faham radikalisme Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) harus terus dilakukan secara intensif. Sebab jika dibiarkan, ISIS bisa memberikan ancaman serius dengan membuat basis di Indonesia.

"ISIS baru ancaman besar potensial, tapi kalau tidak ditangani akan menjadi ancaman faktual untuk kita semua," kata Moeldoko di Sesko TNI, Jalan Martanegara, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (16/3/2015).

Moeldoko menambahkan, beberapa daerah konflik di Indonesia seperti Poso juga perlu diproteksi dengan baik. Bukan tidak mungkin, kata dia, Poso disusupi paham ISIS.

"Tidak boleh memberikan tempat di wilayah manapun sebagai basis berkembangnya kegiatan kegiatan yang menjurus kepada ISIS atau aktor-aktor radikalisme. Contoh, di Poso kalau tidak dikelola dengan baik bisa dipakai untuk basis pergerakan ISIS," tutur dia.

Demi melindungi Poso dari ISIS, TNI terus bekerjasama dengan pihak kepolisian. "Sekarang kepolisian beroporesi di sana, nanti kita (TNI) lanjutkan. Tujuannya jangan sampai Poso menjadi basis pergerakan ISIS. Intinya tidak diberikan tempat untuk pergerakan ISIS," tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com