Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Bikin Macet, Jalan Alun-alun Timur Bandung Ditutup

Kompas.com - 27/01/2015, 15:08 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, bersama pihak Polrestabes Bandung dan TNI akan merekayasa arus lalu lintas di seputaran Alun-alun Kota Bandung. Rekayasa jalur tersebut akan diberlakukan mulai Rabu (28/1/2015).

Pria yang kerap disapa Emil ini menjelaskan bahwa rekayasa arus lalu dilakukan karena kendaraan dari arah Jalan Dalem Kaum menuju Jalan Sudirman dan Banceuy dengan melewati jalan Alun-alun Timur kerap menimbulkan kemacetan cukup parah di Pusat Kota Bandung, terutama di Jalan Asia Afrika.

"Jadi dari Dalemkaum yang lewat eks Palaguna Plaza (Jalan Alun-alun Timur) mau ke Sudirman, Banceuy, biasanya tabrakan sama (arus lalu lintas) yang dari Jalan Asia Afrika. Jadi (Jalan Alun-alun Timur) akan ditutup mulai besok," ujar Emil di Balai Kota Bandung, Selasa (27/1/2015).

Nantinya, setelah Jalan Alun-alun Timur ditutup, pengguna kendaraan dari arah Dalemkaum akan diarahkan lurus menuju jalan Lengkong, Karapitan hingga ke Simpang Lima.

"Ada pengaruh dari populernya Alun-alun. Tapi produksi volume kendaraan yang bentrok lebih dominan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Operasi Dinas Perhubungan Kota Bandung, IW Ginting menjelaskan, kendaraan dari arah Jalan Dalemkaum yang hendak menuju Jalan Sudirman dan Banceuy bisa memutar di beberapa titik jalan yang telah ditentukan. Khusus untuk angkot, Dishub Kota Bandung telah menyediakan jalan Homan yang berada tepat di samping Hotel Savoy Homan.

"Kendaraan pribadi bisa memutar di jalan Kaca-kaca Wetan, kalau bus belok di Karapitan dan Simpang Lima," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com