Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Minta Laporan "Real Time" Pencarian Penumpang QZ8501

Kompas.com - 30/12/2014, 09:54 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Keluarga penumpang AirAsia QZ8501 berharap bisa mengakses perkembangan hasil pencarian secara "real time" dari pejabat pusat yang paling berwenang yakni Kepala Basarnas di Jakarta. Mereka meminta agar petugas crisis centre di Bandara Juanda menyediakan sarana teleconference dengan kepala Basarnas Pusat setiap beberapa jam sekali.

"Keluarga di sini gelisah karena informasi hasil pencarian simpang siur, sementara pihak Basarnas Surabaya selalu menunggu informasi dari pusat setiap kali ditanya soal perkembangan hasil pencarian," kara Franky, salah seorang keluarga penumpang QZ8501 di Crisis Centre Bandara Juanda, Surabaya, Selasa (30/12/2014).

Menanggapi permintaan tersebut, pihak AirAsia berupaya akan merealisasikan. Presiden Direktur PT AirAsia Indonesia, Sunu Widiatmoko, mengaku akan bekerjasama dengan PT Telkom untuk membuatkan jaringan teleconference dengan Basarnas Jakarta dari ruang Crisis Centre di Juanda.

Semula, keluarga penumpang akan diinapkan di hotel di tengah kota Surabaya, lengkap dengan fasilitas ruangan yang dilengkapi layar televisi untuk mengakses perkembangan dari crisis centre. Namun, karena alasan teknis, rencana itu diubah, dan keluarga penumpang ingin tetap berada di crisis centre dan menginap di hotel sekitar bandara.

Hari ini, berdasarkan hasil koordinasi Basarnas, pencarian pesawat berpenumpang 155 orang dengan 7 orang kru itu akan diperluas hingga menyusuri Selat Karimata sampai Teluk Kumai di Kalimantan. Sebelumnya penyisiran dilakukan di wilayah perairan Belitung Timur, namun tidak membuahkan hasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com