Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 10 Jalur Alternatif di Lintas Selatan Selama Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 22/12/2014, 12:21 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


UNGARAN, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Semarang menyiapkan sepuluh jalur alternatif untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Semarang, Prayitno Sudaryanto mengatakan kesepuluh jalur alternatif tersebut meliputi Ambarawa-Ngrengas-Bulog, Bawen-Tambakboyo-Palagan Ambarawa, Ungaran-Gunungpati-Kendal, Tingkir-Suruh-Karanggede-Gemolong-Sragen, Salatiga-Kopeng-Magelang, Ungaran-Kalirejo-Kalongan-Karangjati, Ungaran-Gedanganak-Beji-Babadan, Tuntang-Karanglo-Pabelan-Salatiga lewat Watuagung, Sruwen-Susukan-Karanggede-Sragen dan Lemah Abang-Bandungan-Sumowono berputar di Karangjati.

"Kita juga akan menerjunkan personel di titik-titik tertentu bergabung dengan kepolisian, termasuk di kawasan wisata seperti Bandungan dan Candi Gedongsongo. Kita juga siapkan mobil derek selama 24 jam bila ada masyarakat yang membutuhkan," ungkap Prayit, Senin (22/12/2014).

Pihaknya memperkirakan jumlah penumpang selama masa Natal dan Tahun baru menurun hingga 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan jumlah angkutan umum yang ada, lanjutnya, sudah mencukupi untuk melayani masyarakat pengguna jasa angkutan umum di Kabupaten Semarang saat liburan natal dan tahun baru 2015.

"Perkiraan kita jumlah kendaraan angkutan umum dan penumpang selama liburan natal dan tahun baru mulai 23 Desember 2014 nanti menurun 24,22 persen dari tahun sebelumnya. Karena saat ini Terminal Bawen sedang direhabilitasi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com