Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Blokade Jalan sampai Malam, Warga Kesal, Bentrok Pun Pecah

Kompas.com - 06/11/2014, 20:00 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com
- Akibat Jalan Trans Sulawesi diblokade oleh mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Indonesia Timur (UIT), sejak siang hingga malam, Kamis (6/11/2014), warga di sekitar kawasan itu marah besar. Warga lalu melempari para mahasiswa ini dengan batu di Jalan Sultan Alauddin, Kamis malam.

Sejak siang, para mahasiswa ini memblokade Jl AP Pettarani yang merupakan jalur Trans-Sulawesi. Sementara itu, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) memblokade Jl Sultan Alauddin. Mereka melakukan blokade dalam rangka protes terhadap rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Akibat aksi blokade ini, aktivitas di Kota Makassar menjadi lumpuh total. Kemacetan total terjadi di sejumlah ruas jalan di Kota Makassar.

Warga yang kesal melempari para mahasiswa ini dengan batu dan para mahasiswa membalasnya. Bahkan, para mahasiswa juga membalas serangan warga dengan panah dan senjata api rakitan Papporo.

Polisi yang sejak siang hingga malam hanya bersiaga pada jarak sekitar 500 meter dari lokasi mahasiswa memblokade jalan lalu melepaskan tembakan gas air mata untuk membubarkan mahasiswa. Sejumlah mahasiswa berhasil diamankan dan sebagian lagi menjadi bulan-bulanan warga. Para mahasiswa ini lalu dibawa ke Polrestabes Makassar untuk diproses lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com