Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Haji Tertua di Solo Berlatih Fitnes Sebelum Berangkat ke Mekkah

Kompas.com - 10/09/2014, 17:05 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Usia yang sudah uzur tak menyurutkan Mansyur bin Abdul Manf (89), warga Solo, untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Agar fisiknya kuat menunaikan rangkaian ibadah haji, Mansyur pun rutin melakukan olahraga fitnes di rumahnya.

Mansyur mengaku setiap pagi dari pukul 05.30-06.30 berlatih senam kebugaran, tak jauh dari rumahnya di kompleks SD Sayangan, RT 1 RW 3, Laweyan, Solo.

Ditemani seorang instruktur, Mansyur rutin berlatih menggunakan sepeda fitnes dan angkat beban ringan, sekadar untuk menjaga kebugaran. Hasilnya, Mansyur mengaku kini badannya merasa ringan dan bugar.

“Saya berlatih setiap pagi, dari setengah enam sampai setengah tujuh. Banyak gerakannya, ada yang gandulan, ada yang kayak sepeda,” kata Mansyur kepada wartawan, Rabu (10/9/2014).

Mansyur adalah salah satu calon haji tertua dari Solo. Dia tercatat di Kelompok Terbang (Kloter) 55 Solo, dan direncanakan akan berangkat pada 21 September 2014 mendatang.

“Saya terkesan dengan semangat bapak saya, meskipun sudah tua, namun berharap bisa naik haji,” kata Mukhsoni (60), putra sulung Mansyur.

Mukhsoni dan saudara lainnya mewujudkan harapan ayahnya tersebut dengan mencari dana dan menabung demi menambah ongkos berangkat haji ayah tercinta mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com