Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suara Jokowi-JK Unggul Telak di Kota Surabaya

Kompas.com - 17/07/2014, 07:33 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Pasangan calon presiden nomor urut 2, Jokowi-Jusuf Kalla mendominasi perolehan suara dari 31 kecamatan di Surabaya. Perolehan suara pasangan yang diusung PDI-P, PKB, PKPI, Partai Hanura, dan Partai Nasdem ini unggul telak hampir di seluruh kecamatan di Surabaya.

Hingga pukul 22.00 WIB, Rabu (16/7/2014), sudah 27 hasil suara direkap dari 31 kecamatan di Surabaya. Hasilnya, perolehan suara Jokowi-JK mendominasi. Bahkan di beberapa kecamatan, Jokowi-JK unggul dua sampai tiga kali lipat dari perolehan pasangan Prabowo-Hatta.

Di Kecamatan Genteng, misalnya, Jokowi-JK mendapatkan 20.423 suara, sedangkan Prabowo-Hatta meraih 8.650 suara. Sementara di Kecamatan Tegalsari, Jokowi-JK mendapatkan 35.168 suara, sedangkan Prabowo-Hatta memperoleh 13.920 suara.

Rapat pleno rekapitulasi tingkat Kota Surabaya di kantor KPU Surabaya di Jalan Adityawarman pada Rabu kemarin berjalan aman dan tertib. Protes oleh saksi Prabowo-Hatta hanya mempertanyakan adanya beberapa pemilih yang masuk ke Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb) yang ditemukan tidak melampirkan foto kopi KTP.

"Jika malam ini selesai, seluruh berkas rencananya juga akan langsung kami kirimkan ke KPU Jawa Timur," kata Ketua KPU Kota Surabaya, Robiyan Arifin.

Rekapitulasi di tingkat KPU Provinsi Jatim rencananya akan digelar pada Jumat 18-19 Juli. Kemudian baru pada 22 Juli, dimulai rekapitulasi tingkat nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com