Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahagianya Pasien RSJ Bangli Ikut "Nyoblos" Hari Ini

Kompas.com - 09/07/2014, 16:24 WIB

BANGLI, KOMPAS.com - I Nyoman Siana, dengan ekspresi sumringah menunjukan kelingking kirinya yang sudah dicelupi tinta pemilu. Pria 25 tahun asal Sukawati Gianyar ini mengaku senang karena akhirnya ikut terlibat dalam pemilihan umum.

"Seneng senang sekali, biar nanti punya presiden. Mencoblos memang keren ya?" ujarnya sembil melahap makanan ringan, Rabu (9/7/2014).

Dengan mengenakan baju dan celana hijau seragam khas Rumah Sakit Jiwa Bangli, Nyoman dan 80 pasien RSJ lainnya terlihat percaya diri.

Petugas KPPS memang sempat menjelaskan tata cara pencoblosan selama beberapa kali. Namun setelahnya, mereka terlihat bersemangat saat mencoblos, memasukkan kertas suara ke dalam kotak suara dan mencelupkan jarinya ke tinta pemilu.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama RSJ Bangli Bagus Darmayasa, mengatakan, pasien dapat mencoblos jika mereka sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter yang kondisinya sudah rehab atau tidak ada gangguan cacat mental.

Jadi jika ada pasien yang baru datang satu atau dua minggu, mereka tidak mendapatkan hak pilih. Para pemilih sudah mendapatkan arahan dari KPU Bangli yang sebelumnya melakukan sosialisasi di RSJ beberapa waktu lalu.

Tidak ada tes khusus atau semacamnya bagi mereka sebelum mendapatkan rekomendasi tersebut, rekomendasi berdasarkan hasil pengamatan dokter yang ada di RSJ. Sisa  pasien yang tidak mendapatkan rekomendasi namun terdaftar di DPT pihaknya akan menentukan secara langsung.

Jika mereka gaduh tidak akan diperbolehkan mencoblos.

"Kalau gaduh gelisah ya enggak dikasih nyoblos," tegas Bagus, 7 Juli lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com