Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tobat Golput", Ratusan Mahasiswa Perantau Urus Formulir A5

Kompas.com - 02/07/2014, 16:29 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Mahasiswa asal luar daerah di Salatiga antusias mengurus formulir A5 di Kantor KPU Kota Salatiga sebagai syarat untuk dapat menggunakan hak pilihnya. Mayoritas mahasiswa tersebut berasal dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

KPU setempat mencatat sedikitnya hingga saat ini, 100 mahasiswa telah terdaftar sebagai pemilih dengan menggunakan formulir A5.

Seperti yang terlihat, Rabu (2/7/2014) siang ini, puluhan mahasiswa perantauan tampak memenuhi kantor KPU Salatiga di Jalan Argomulyo Tetep, Salatiga. Mereka datang dengan membawa foto copy KTP dan surat keterangan dari kelurahan/desa tempat mereka berdomisili.

"Kami tobat dari golput. Pilpres kali ini saya harus nyoblos," kata Arnold, mahasiswa asal Papua.

Sebagian besar mahasiswa tersebut berasal dari Papua, Sulawesi, NTT dan Kalimantan. Sebanyak 50 mahasiswa diketahui akan melakukan pencoblosan di Kelurahan Sidorejo dan 60 mahasiswa lainnya akan diarahkan ke TPS lainnya di Salatiga.

"Kami perkirakan jumlahnya akan bertambah sampai 6 Juli nanti. Mengingat jumlah pendatang mencapai ribuan," kata Putnawati, Ketua KPU Salatiga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com