Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Buruh, Ada yang "Sweeping", Ada yang Jalan Santai

Kompas.com - 01/05/2014, 19:02 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com -- Beberapa elemen buruh di Kota Makassar memperingati May Day (Hari Buruh Sedunia) 1 Mei 2014 dengan berbagai cara. Sebagian buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Nasional (KSN) melakukan sweeping di sejumlah pabrik di Kawasan Industri Makassar (KIMA), sedangkan sebagian lagi melakukan kegiatan jalan santai.

Dari pantauan Kompas.com, massa yang melakukan sweeping meminta agar aktivitas pabrik dihentikan dan mengimbau agar pekerja ikut bergabung memperjuangkan hak-hak buruh. Sweeping yang mendapat pengawalan dari aparat kepolisian tersebut berlangsung aman.

Di tempat terpisah, ribuan buruh dari berbagai perusahaan mengikuti gerak jalan santai serta sejumlah kegiatan sosial lainnya, seperti donor darah bersama anggota Kodam VII Wirabuana. Jalan santai ini mengambil start di Lapangan Karebosi melintasi jalan protokol, di antaranya Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Karunrung, Jalan Hasanuddin, Jalan Slamet Riyadi, Jalan Ahmad Yani, dan kembali finis di Lapangan Karebosi.

Dalam kegiatan sosial donor darah, sekitar 500 anggota Kodam VII Wirabuana ikut berpartisipasi. Tak sedikit pula buruh yang mengikuti kegiatan jalan santai menyumbangkan darahnya. Adapun elemen buruh yang mengikuti kegiatan jalan santai dan donor darah di antaranya KSPSI, KSBSI, KSN, KSBN, dan GSBN.

Kepala Polda Sulselbar Inspektur Jenderal Burhanuddin Andi menyatakan, peringatan May Day di Kota Makassar berlangsung aman. "Kita sebelumnya sering melakukan pertemuan dengan nama Mabbulo Sibatang. Dalam pertemuan itu, elemen buruh, mahasiswa, dan lainnya berkoordinasi sehingga May Day berlangsung dengan aman," akunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com