Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Mandat Pencapresan Jokowi Disebarkan di Bali

Kompas.com - 22/03/2014, 20:32 WIB
Ihsanuddin

Penulis


BADUNG, KOMPAS.com - Surat mandat dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri untuk mencapreskan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, disebarkan di lokasi kampanye PDI-P di Badung, Bali.

Surat itu diperbanyak dan ditumpuk kedalam satu kardus besar. Kader dan simpatisan yang ingin membacanya, tinggal mengambilnya dari kardus itu. Terlihat cukup banyak yang antusias melihat surat mandat dari putri sang proklamator Bung Karno itu.

"Iya bagus juga kalau diperbanyak dan disebar begini, jadi kita bisa lihat dan baca langsung surat mandat bersejarah ini," kata Suhendra, salah satu simpatisan PDI-P yang hadir di lapangan

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jendral PDI-P Hasto Kristanro mengatakan, surat itu memang sengaja disebarkan karena masyarakat Bali sangat mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden PDI-P. Keputusan Megawati untuk mendukung Jokowi, dinilai sebagai sebuah keputusan yang tepat.

"Surat itu bahkan diedarkan juga oleh masyarakat dari rumah ke rumah, mereka sangat bahagia dengan keputusan Ibu Mega mendukung Jokowi sebagai capres," kata Hasto.

Tak hanya diperbanyak dan disebarluaskan, surat yang dikeluarkan pada 14 Maret 2014 lalu itu juga dibacakan langsung olej Ketua Fraksi PDI-P di DPR Puan Maharani. Putri Megawati tersebut membacakannya tepat sebelum sang Ibunda naik ke atas panggung untuk berorasi.

"Perintah Harian: Merdeka! Saya, selaku Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan; kepada seluruh rakyat Indonesia yang mempunyai mata hati, keadilan, dan kejujuran di manapun kalian berada! 1. Dukung Bapak Joko Widodo sebagai calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," kata Puan membacakan penggalan awal surat tersebut.

Dalam kampanye di Bali ini, Megawati didampingi oleh sejumlah petinggi dan caleg PDI-P. Selain putrinya, ada juga nama lain seperti Hasto Kristanto, Bambang Wuryanto, Eriko Sotarduga, Ahmad Basarah, Hasti Kristianto, Arief Wibowo dan Sukur Nababan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com