Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Kertas Berstempel "Prabowo" Beredar di Palembang

Kompas.com - 05/03/2014, 10:05 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com — Peredaran uang kertas pecahan rupiah berstempel "Prabowo: Satria Piningit, Heru Cakra Ratu Adil" yang sempat heboh di jejaring sosial awal tahun 2013 silam ternyata kini telah sampai di Kota Palembang.

Asisten Direktur Bidang Sistem pembayaran Bank Indonesia Wilayah IV, Dadan M Sadrah, mengakui uang tersebut sudah beredar di Palembang.

"Tapi, jumlahnya tidak terlalu banyak," kata Dadan yang enggan menyebutkan detail berapa jumlahnya saat ditemui pada Selasa (4/3/2014) kemarin.

Dadan lantas mengimbau masyarakat agar segera menukarkan uang berstempel nama Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto itu ke kantor BI. Selanjutnya, uang-uang itu akan dimusnahkan sebab uang tersebut dianggap tidak laku di pasaran.

Seorang warga Palembang, Sumardi, menduga ada hal-hal tertentu di balik beredarnya uang berstempel tersebut.

"Kalau kita belum lihat langsung. Cuma kalau lihat di Twitter dan Facebook, di internet, ada foto-foto pecahan uang kertas Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000 yang dicap Prabowo," kata Sumardi.

"Kalau menurut saya, itu ada yang sengaja mencari sensasi. Harus ditelusuri apa orang iseng, apa dari parpol yang bersangkutan, ataukah ada yang melakukan black campaign karena kita tahu Prabowo itu lagi tinggi rating sebagai capres 2014," kata Sumardi lagi.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Selatan Nur Iswanto, yang dikonfirmasi terpisah, enggan berbicara banyak.

"Saya tidak tahu itu. Jadi, kalau saya tidak tahu, ya bisa dikatakan tidak ada," katanya singkat saat dikonfirmasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com