Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Turis Jepang Korban Tenggelam Ditemukan Selamat

Kompas.com - 17/02/2014, 20:24 WIB
Kontributor Denpasar, Eviera Paramita Sandi

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com
- Lima dari tujuh turis Jepang yang hilang di perairan Bali pada Jumat (14/2/2014) lalu, ditemukan dalam keadaan selamat, Senin (17/2/2014).

Saat ini Tim Basarnas dibantu polisi dan masyarakat setempat sedang menunggu proses evakuasi kelimanya yang berlangsung di Pantai Seumawang Sanur.

Lima turis Jepang ini akan dibawa ke Rumah Sakit Kasih Ibu, Kedonganan, dengan menumpangi ambulans. Sebab, saat ditemukan, kondisi sangat lemas akibat tidak makan selama 3 hari.

Lokasi proses evakuasi korban tenggelam di pantai Seumawang saat ini ramai dikunjungi warga dan beberapa jurnalis Jepang yang hendak memotret mereka.

Untuk mempermudah proses pemindahan korban tenggelam, polisi memasang garis polisi (police line) di sekitar pantai.

Dengan ditemukannya 5 korban tenggelam, berarti kini tim SAR mencari 2 korban lagi yang hingga kini belum diketahui keberadaannya. Pencarian hari ini dihentikan karena sudah malam, dan akan dilanjutkan besok.

Diberitakan sebelumnya, tujuh wisatawan Jepang dilaporkan hilang di perairan Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung, Bali, Jumat (14/2) sore. Mereka diduga terseret arus saat tengah melakukan penyelaman di kawasan wisata bawah laut itu.

"Operator yang mengantar turis Jepang itu baru melaporkan turis hilang pukul 19.00 Wita kemarin (Jumat)," kata Kepala Seksi Potensi SAR Denpasar Gede Darmada, Sabtu (15/2/2014) di Denpasar.

Ia menyebutkan, ketujuh orang wisatawan itu termasuk satu orang pemandu wisata yang juga berkewarganegaraan Jepang.

Semua wisatawan perempuan itu tengah melakukan penyelaman di utara perairan Nusa Lembongan pada Jumat mulai pukul 13.30 Wita. Mereka berangkat menuju Nusa Lembongan dengan menyewa kapal khusus selama melakukan aktivitas bawah laut. Namun, hingga pukul 14.00 Wita, kata dia, ketujuh orang wisatawan itu tidak muncul ke permukaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com