Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Adi Soemarmo Tutup hingga Minggu

Kompas.com - 15/02/2014, 10:09 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Memasuki hari kedua pascaerupsi Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, Bandara Adi Soemarmo di Kota Solo masih tutup. Hal tersebut dikarenakan kondisi landasan masih tertutup abu vulkanik setebal kurang lebih 4-5 milimeter.

Pengamatan Kompas.com pada Sabtu (15/2/2014) pagi, satu-satunya aktivitas yang tampak di bandara tersebut adalah petugas bandara yang membersihkan area landasan. Abu vulkanik juga masih menutupi badan pesawat yang diparkir. Dengan peralatan sederhana, seperti sapu dan ember, petuga kebersihan membersihkan abu yang masuk ke dalam bandara.

Setidaknya ada lima pesawat yang tidak dapat beroperasi pada hari ini. Sementara itu, suasana bandara pun sepi. Pengumuman digital tentang jadwal penerbangan pun dimatikan oleh pengelola bandara.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman, penutupan bandara akan berlangsung hingga Minggu (16/2/2014) besok. "Kita akan mulai proses pembersihan runway. Apabila sudah dievaluasi, Senin akan bisa beroperasi," kata Abdullah kepada Kompas.com, Sabtu pagi.

Akibat letusan Gunung Kelud, sejumlah bandara di daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ditutup karena tertutup abu. Penutupan bandara sudah berlangsung selama dua hari dan mengganggu aktivitas bisnis serta perekonomian di Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com