Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertib Lalu Lintas, Pengendara Motor Dapat "Door Prize"

Kompas.com - 03/12/2013, 21:35 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com — Ada cara berbeda yang dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Kendari, Sulawesi Tenggara, untuk memancing pengguna kendaraan bermotor menaati peraturan lalu lintas.

Dalam Operasi Zebra yang dilaksanakan mulai Kamis (28/11/2013) hingga 11 Desember mendatang, Satlantas Polres Kendari telah menyiapkan 2.000 kupon door prize bagi pengendara yang mematuhi semua aturan berlalu lintas.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Kendari, Ajun Komisaris Polisi (AKP) W Sulistiyono, mengatakan, sistem pembagian kupon door prize ini agar pengendara berpartisipasi dalam keselamatan berlalu lintas.

“Kami menyiapkan kupon hadiah bagi pengendara, yang telah melengkapi dokumen dan syarat berlalu lintas dalam Operasi Zebra tahun ini. Hari kelima pelaksaan Operasi Zebra di Kendari, sudah ada 1.000-an kupon yang kami berikan ke pengendara yang menaati aturan lalu lintas,” terang Sulistiyono di Polres Kendari, Selasa (3/12/2013).

Undian door prize di tingkat Polres Kendari akan dilakukan pada 12 Desember, sementara di tingkat Polda Tenggara digelar pada 13 Desember. “Kupon door prize-nya akan diundi di polres dan polda. Kami menyiapkan berbagai hadiah bagi mereka kena undian, hadiahnya berupa lemari es, mesin cuci, kompor gas, TV, rice cooker, dan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sulistiyono menjelaskan, pada hari kelima Operasi Zebra 2013, pihaknya telah menjaring 200 kendaraan bermotor. "Ada 200 blangko tilang bagi pengendara yang melanggar selama operasi ini dilaksanakan di dalam Kota Kendari," katanya.

Menurutnya, mayoritas pelanggar lalu lintas yang mendapat kartu tilang petugas adalah pengendara di bawah umur dan pengendara yang tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan seperti STNK dan SIM.

“Pengendara yang terjaring dalam Operasi Zebra akibat tidak memiliki kelengkapan kendaraan, melawan arus, dan melewati lampu. Ada juga pengendara yang belum cukup umur dan tidak memakai helm," ujarnya.

Gede Agus, seorang siswa salah satu SMK di Kendari yang terjaring razia Operasi Zebra mendatangi pos lantas Mandonga Kendari. "Saya ditilang karena tidak memiliki SIM. Usiaku 16 tahun dan saat mengendarai motor, teman yang saya bonceng tidak pakai helm. Saya tidak tahu kalau ada razia kendaraan, karena setiap ke sekolah saya selalu gunakan motor,” tuturnya.

Kepolisian Republik Indonesia secara serentak melaksanakan Operasi Zebra 2013 selama 14 hari, mulai dari tanggal 28 November hingga 11 Desember mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com