Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Punya Masjid, Warga "Sulap" Areal Jemur Padi Jadi Tempat Shalat Id

Kompas.com - 07/08/2013, 18:58 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com - Warga di Pinrang, Sulawesi Selatan ternyata tak memiliki masjid yang cukup luas untuk dipakai dalam ibadan shalat id. Hal ini memaksa warga memutar otak dan akhirnya memilih areal penjemuran padi sebagai lapangan untuk shalat Hari Raya Idul Fitri, besok, Kamis (8/8/2013).

Areal penjemuran pagi yang digunakan adalah milik perusahaan penggilingan padi di Madimeng, Kelurahan Mamminasae, Kecamatan Paletenag, Pinrang. Selain areal penjemuran padi, ada sebuah lapangan sepak bola yang juga disulap menjadi areal shalat.

“Mesjid tak memadai, makanya kita cari lapangan salah satunya bekas lapangan penjemuran padi milik perusahan penggilingan padi,” ujar Hamzah, Ketua Panitia Pelaksanan Shalat Id di Madimeng.

Terkait persiapan areal shalat itu, Rabu (7/8/2013) sore, warga terlihat berupaya membersihkan kedua lokasi itu agar siap dipakai untuk ibadah esok pagi. Pembersihan tak hanya dilakukan dengan cara menyapu, dan membersihkan sampah yang berterbangan di lapangan. Sebuah mobil pemadam kebakaran pun diturunkan untuk melakukan pembersihan.

Petugas pemadam kebakaran yang biasanya memadamkan api, kini menggunakan tenaga mereka untuk membersihkan lapangan. Hamzah menyebutkan, sejumlah tempat pelaksanaan shalat id telah dipersiapkan dengan cara dibersihkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com