Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemisahan Citra-Neyza Tunggu Berat Badan Bertambah

Kompas.com - 17/07/2013, 20:15 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Bayi kembar siam dempet perut dan dada asal RS Gambiran Kediri, telah tiba di RSU dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/7/2013). Tim dokter masih akan melakukan stabilisasi sambil menunggu berat badan keduanya ideal untuk dioperasi.

Menurut Ketua Tim Pusat Penanganan Kembar Siam Terpadu (PPKST) RSU dr Soetomo, dr Agus Harianto SpAK, berat badan ideal yang dimaksud ialah ketika keduanya sudah memiliki berat badan masing-masing minimal 5 kilogram.

''Jadi minimal keduanya harus punya berat badan 10 kilogram untuk siap operasi," jelas Agus.

Sejauh ini, tim dokter belum melakukan tindakan intervensi medis sedikit pun. Dua bayi perempuan yang diberi nama Citra Fazira Ramadhan dan Neiza Fazira Ramadhan ini akan menjalani ''Eco Cardiography'' atau rangkaian pemeriksaan jantung sebagai langkah observasi awal.

Bayi pasangan Imam Sayudi dan Endik Indrawati ini dilahirkan melalui operasi caesar di Kediri, Minggu (14/7/2013). Berat badan bayi kembar itu 5.100 gram dengan panjang 48 cm.

Sebelumnya, Endik mengaku sudah mengetahui bahwa dia akan melahirkan bayi kembar, seperti yang terlihat saat dia menjalani USG. Namun, dia tidak menyangka bayi kembarnya mengalami dempet pada dada hingga perut.

Dari Kediri, kedua bayi perempuan itu dijemput langsung oleh tim bedah dr Soetomo, Surabaya. Didampingi sang Ayah, Imam Sayudi (37) dan pamannya, Pujianto (45), begitu tiba di rumah sakit, kedua bayi segera dibawa ke lantai 2 untuk menerima perawatan pertama.

Sang ibu, Endik, tidak bisa turut ke Surabaya karena masih menjalani perawatan intensif seusai melahirkan di RS Gambiran, Kediri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com