Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Fenomena Embun Es di Dieng, Ini Tips Melihatnya

Kompas.com - 19/06/2024, 11:28 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Fenomena embun es diperkirakan akan semakin sering muncul di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, pada puncak musim kemarau.

"Puncak kemunculan embun upas biasanya pada puncak kemarau," kata Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Wisata Dieng Sri Utami saat dihubungi, Rabu (19/6/2024).

Baca juga: Embun Es Mulai Muncul di Dieng, Pagi Tadi Suhu Minus

Menurut dia, saat saat ini di kawasan dataran tinggi Dieng masih sering turun hujan. Meski demikian, sudah mulai muncul embun es.

Kemunculan embun es, kata dia, mulai menarik kunjungan wisatawan.

"Kunjungan wisatawan sudah mulai meningkat, meski tidak semua berkesempatan melihat embun es. Peningkatan sekitar 20 persen dibanding hari biasa," ujar dia.

Kunjungan wisatawan pada hari biasa rata-rata antara 1.200 sampai 1.500 orang. Sedangkan pada libur Idul Adha selama dua hari mencapai 8.700 orang.

Dia memberikan tips kepada pengunjung yang ingin menikmati fenomena embun es.

"Untuk berburu embun es pada pagi hari, sebaiknya menginap di Dieng, sekaligus menikmati sensasi dinginnya Dieng," kata dia.

Para pengunjung juga diminta menggunakan baju atau jaket tebal, penutup kepala dan sarung tangan.

"Kemudian makan dan minum yang cukup dan ada di warung sekitar Candi Arjuna dan pastikan badan dalam kondisi fit," ujar dia.

Baca juga: Tak Biasanya, Embun Es di Dieng Muncul Bulan Desember

Diberitakan sebelumnya, fenomena embun es kembali muncul di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Rabu pagi.

Kemunculan embun es pagi ini merupakan yang kelima kalinya sejak bulan Mei lalu. Embun es diperkirakan akan lebih sering muncul biasanya pada bulan Juli dan Agustus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com