Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Punya 2 Calon Internal, PKS Tetap Buka Penjaringan untuk Pilkada Salatiga

Kompas.com - 27/05/2024, 08:51 WIB
Dian Ade Permana,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Salatiga tetap membuka pendaftaran penjaringan bakal calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Salatiga. Padahal, PKS mengaku sudah memiliki dua calon dari internal partai. 

Ketua DPD PKS Kota Salatiga Latif Nahari mengatakan, dua calon internal dari PKS adalah Budi Santoso dan Abdull Fattah Ismail Farras.

Baca juga: Gerindra Unggah Fotonya Bersama Sudaryono untuk Pilkada Jateng, Gus Yusuf: Belum

 

"Dua nama tersebut adalah usulan dari penjaringan internal, sehingga sifatnya belum finalisasi," jelasnya, Minggu (26/5/2024).

"Jadi kalau memang akan melanjutkan ke tahap selanjutnya, mereka tetap harus mendaftar. Pendaftaran ini bersifat terbuka, baik untuk kader PKS atau masyarakat umum lainnya," kata Latif.

Latif mengungkapkan, mekanisme pendaftaran di PKS dilakukan secara berjenjang. Mulai dari tingkat DPD, DPW, hingga di DPP yang akan memunculkan surat rekomendasi.

"Tentu akan ada presentasi, fit proper test, termasuk mencantumkan poin dalam konteks pendukung pemenangan. Calon yang terpilih harus bisa meyakinkan untuk menang, termasuk sumber daya yang dimilikinya," kata Latif.

Selama proses berjalan, kata Latif, juga akan dilakukan survei untuk mengukur kekuatan bakal calon.

"Survei masih menjadi indikator untuk mengetahui peluang menang dalam politik, jadi silahkan bekerja untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas," terangnya.

Latif juga mengatakan, saat ini PKS terus menjalin komunikasi dan konsolidasi dengan partai lain untuk menjalin koalisi.

"PKS hanya empat kursi, jadi harus bekerjasama dengan partai lain. Saat ini intens dengan PDI Perjuangan, Nasdem, dan Demokrat," ungkapnya.

Ketua Pendaftaran Bakal Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota DPD PKS Salatiga Heru Prastyo mengatakan pendaftaran mulai Kamis (30/5/2024) hingga Minggu (2/6/2024).

"Sementara pengembalian formulir yang harus dihadiri langsung oleh bakal calon bisa dilakukan Jumat-Minggu (7-9/6/2024)," ujarnya.

Terpisah, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Salatiga Badrudin juga menyampaikan partainya membuka penjaringan bakal calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Salatiga.

"Untuk pengambilan formulir pendaftaran dimulai Senin-Kamis (27-30/5/2024), sebagai partai nasionalis relijius kami berharap calon yang muncul bisa menjadi dan sesuai menjadi harapan masyarakat," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com