Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Wapres Ma'ruf Amin Maju Pilkada Banten 2024

Kompas.com - 20/05/2024, 19:59 WIB
Rasyid Ridho,
Reni Susanti

Tim Redaksi

 

SERANG, KOMPAS.com - Putra Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ahmad Syauqi, menyatakan maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten 2024.

Hal itu disampaikan Ahmad Syauqi yang kerap disapa Gus Syauqi saat menghadiri penyampaian visi misi calon gubernur dan wakil gubernur di Kantor DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banten, Senin (20/5/2024).

"Saya yang punya darah asli, jaga Banten dengan apapun, sebagai apapun, makanya ini saya merasa Banten kayanya sudah memanggil, ya sudah bismillah," kata Gus Syauqi kepada wartawan.

Baca juga: Pilkada Banten 2024 Dipastikan Tak Ada Pasangan Calon Independen

Gus Syauqi menjelaskan, yang melatarbelakanginya maju pada kontestasi Pilgub Banten karena adanya permintaan dan dorongan dari para kiai.

Padahal, Gus Syauqi mengaku dirinya tidak percaya diri. Namun, atas dorongan dan dukungan dari para kiai dan ulama yang membuatnya membulatkan tekad maju di Pilkada.

"Dimulai dari istikharah, bukan saya tapi istikharah sahabat-sahabat kiai, waktu saya tanya terakhir ini kembali, harus maju, banyak sekali puluhan kiai yang datang sejak dua tahun lalu," ujar dia.

Baca juga: Maju di Pilkada Banten 2024, Iti Berharap Dipasangkan dengan Airin

"Saya bukan orang yang percaya diri, tapi kalau ini amanat, tugas saya akan sepenuh hati, dan kebetulan saya juga PKB, misi PKB adalah untuk bagaimana membangun Indonesia khususnya Banten ini, insyaallah membangun Banten," sambung Gus Syauqi.

Dikatakan Gus Syauqi, sebelum memutuskan maju di Pilkada Banten, ia sudah berkomunikasi dan meminta restu ayahnya atau Abah Ma'ruf Amin.

Abah, lanjut Gus Syauqi, menitipkan agar menjaga dan memajukan tanah kelahirannya.

"Kalau beliau (Ma'ruf amin) dikembalikan ke kita, komunikasi sering dengan beliau (Ma'ruf) kemarin soal ini pun (Pilgub) terserah yang penting selama ini adalah maslahat buat saya keluarga dan untuk masyarakat Banten, beliau (meminta) yang pasti tolong jaga Banten, majukan Banten ke depan," kata dia.

Terkait calon pendampingnya, Gus Syauqi menyerahkan kepada PKB yang saat ini sedang melakukan penjaringan.

Sebagai informasi, bakal calon Gubernur Banten mendaftar ke PKB seperti Airin Rachmi Diany, Arief R Wismansyah, Achmad Dimyati Natakusumah, dan Ratu Ageng Rekawati.

"Saya kembalikan (ke PKB) mana yang paling layak, kepentingan saya bisa manfaat buat Banten, bisa mendampingi Banten ke depan," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com