Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Bhayangkara Ke-77, 282 Polisi dan PNS Polda Papua Barat Naik Pangkat

Kompas.com - 01/07/2023, 11:59 WIB
Mohamad Adlu Raharusun,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

MANOKWARI, KOMPAS.com - Sebanyak 282 Personel Polri dan PNS di Polda Papua Barat mendapat kenaikan pangkat satu tingkat dari sebelumnya, pada Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-77 Sabtu (1/7/2023)

Kenaikan pangkat ini dilaksanakan dalam rangkaian upacara HUT Bhayangkara di lapangan Apel Markas Polda Papua Barat, yang Kapolda Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Papua Barat, Kombes Pol Sugandi mengatakan, sebanyak 270 personel Polda Papua Barat dan Polres jajaran mendapat kenaikan pangkat satu tingkat dari sebelumnya.

Baca juga: HUT Ke-77 Bhayangkara, Jokowi: Dirgahayu Kepolisian RI

"Sebanyak 282 personel terdiri dari anggota Polri dan PNS," kata Kombes Pol Sugandi Sabtu (1/7/2023)

Sugandi mengatakan dari personel yang naik pangkat, satu Ajun Komisaris Besar Polisi AKBP menyandang pangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

Kemudian satu orang dari pangkat Komisaris Polisi (Kompol) naik pangkat ke AKBP. Kemudian dari Ajun Komisaris Polisi (AKP) menjadi Kompol satu orang.

"Untuk perwira satu AKBP naik jadi Kombes Pol, satu Kompol ke AKBP, dan satu AKP naik pangkat jadi Kompol Pengabdian," ucapnya.

Dari jajaran perwira pertama, enam orang naik pangkat dari Inspektur Polisi Satu (Iptu) menjadi AKP.

Kemudian delapan orang dari Inspektur Polisi Dua (Ipda) menjadi Iptu, dan satu Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu), naik menjadi Ipda Pengabdian.

Adapun kenaikan pangkat secara Pengabdian tidak termasuk dalam kenaikan pangkat reguler. Syaratnya, penerima sebelumnya harus mempunyai penghargaan Mahaputera Bintang Nararya, dan selama tiga bulan terakhir berkelakuan baik.

"Terdapat 28 personel dari pangkat Aipda ke Aiptu, lalu dari Bripka ke Aiptu sebanyak 5 orang dan Brigpol ke Bripka sebanyak 20 orang," ucapnya.

Sebanyak 64 Orang dari Briptu ke Brigpol, kemudian dari Bripda ke Briptu sebanyak 132 orang dan Bharatu ke Bharaka sebanyak satu orang.

Sementara untuk PNS, Sugandi menjabarkan sebanyak 12 orang mengalami kenaikan pangkat.

Baca juga: 25 Ucapan HUT Ke-77 Bhayangkara 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com