Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemudi KM Masagena Satu Patah, 10 Penumpang Dievakuasi

Kompas.com - 06/11/2019, 11:41 WIB
Hendra Cipto,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SELAYAR, KOMPAS.com – Kapal Motor (KM) Masagena Satu mengalami patah kemudi saat melakukan pelayaran di perairan Kabupaten Selayar.

Sepuluh penumpang berhasil selamat dan dievakuasi oleh tim SAR Gabungan, Selasa (5/11/2019) malam.

Sepuluh penumpang KM Masagena Satu yang berhasil diselamatkan dan dievakuasi masing-masing Melisa (27), Fitra (28), Ijal (37), Indah (29), Erfan (33), Bob (31), Patta Saleh (41), Andi Irwan (25), Saiful (35) yang merupakan nahkoda KM Masagena Satu, dan Bur (27) yang merupakan ABK KM Masagena Satu.

Baca juga: Kapal yang Angkut 10 ABK Terbakar di Perairan Buleleng Bali

Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari dalam keterangan tertulisnya yang diterima Rabu (6/11/2019) mengatakan, KM Masagena Satu melakukan pelayaran di Perairan Selayar.

Saat berlayar, kemudi kapal patah akibat kerasnya ombak.

Mustari mengungkapkan, Basarnas mendapat informasi bahwa KM Masagena Satu mengalami patah kemudi dan membutuhkan evakuasi terhadap 10 orang penumpang termasuk nahkoda dan ABK.

Pos Basarnas Selayar langsung mengerahkan RIB Pos Basarnas Selayar menuju lokasi.

Setelah melakukan pencarian, Basarnas Selayar bersama Tim SAR Gabungan berhasil menemukan KM Masagena Satu sekitar 400 meter dari lokasi dilaporkan terakhir.

“Tim SAR Gabungan kemudian mengevakuasi 10 orang penumpang kapal. Alhamdulillah, sepuluh orang yang berada di atas KM Masagena Satu sudah diantar ke Pelabuhan Pattumbukang dan kapalnya ditonda oleh kapal nelayan setempat,” ujar Mustari.

Baca juga: Penumpang Kapal Asal Kaltim Nekat Lompat ke Laut Saat Berlayar di Perairan NTT

Dia pun berterima kasih atas kerja sama dari potensi SAR yang telah ikut membantu proses evakusi hingga berjalan lancar dan tidak ada korban jiwa.

“Terima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat, berkat kerja sama baik kita bisa melakukan evakuasi dan semua selamat. Adapun unsur Potensi SAR yang terlibat dalam evakuasi penumpang KM Masagena Satu adalah Basarnas Selayar, Tagana Selayar, BPBD Selayar, Polres Selayar, Kodim Selayar dan nelayan setempat,” tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com