Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Kapal Asal Kaltim Nekat Lompat ke Laut Saat Berlayar di Perairan NTT

Kompas.com - 30/10/2019, 10:53 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Yohanes Seran Briya (41), warga Desa Muara Leka, Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, nekat melompat dari atas Kapal Motor (KM) Sirimau, dalam pelayaran di perairan Tanjung Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selsa (29/10/2019).

"Kita terima laporan bahwa ada penumpang kapal yang melompat ke laut kemarin sore sekitar pukul 17.07 WITA,"ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, I Putu Sudayana kepada Kompas.com, Rabu (30/10/2019) pagi.

Baca juga: 5 Siswanya Tewas Tenggelam di Kawasan Baduy, SMP Budhaya III Libur 3 Hari

Setelah menerima laporan itu, tim SAR gabungan yang berasal dari Pos SAR Alor, Pos Angkatan Laut Alor, KSOP Alor dan BPBD Alor, menggunakan satu unit RIB 500 PK menuju ke lokasi untuk melakukan pencarian.

Lokasi tempat Yohanes melompat berada pada koordinat 8°05'60.00"S - 124°27'01.00"E dan jaraj 20 NM dari Pelabuhan Kalabahi, Kabupaten Alor.

“Operasi pencarian hari pertama kemarin telah dilaksanakan. Namun di sepanjang perjalanan hasilnya sampai dengan pukul 18.25 WITA tadi malam, hasilnya masih nihil," uja Putu.

Operasi pencarian kembali dilakukan pagi ini mulai pukul 05.30 Wita dengan menggerakkan satu unit RIB 500 PK Pos SAR Alor dari Pelabuhan Alor Kecil menuju LKP (Last Known Position).

Saat ini RIB masih melaksanaakan operasi pencarian.

Untuk membantu pencarian, juga dikrahkan satu unit rubber boat 30 PK Pos SAR Alor dari dermaga Kokar menuju search area yang telah dibuat.

"Pencarian masih terus dilaksanakan. Hari ini memasuki pencarian hari ke-2," ujar Putu.

Baca juga: Isak Tangis Ibu Christiano, Korban Tenggelam di Baduy: Anakku Sudah Tidak Ada, Ikutlah Aku Nak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com