Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oknum Polwan di Pontianak Akui Gadai Mobil Rental Rp 30 Juta untuk Bayar Utang

Kompas.com - 02/08/2019, 18:31 WIB
Hendra Cipta,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Oknum polisi wanita (polwan) berinisial E, yang menjadi tersangka penggelapan sejumlah mobil rental mengaku terbelit utang.

Kapolsek Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kompol Anton Satriadi mengatakan, selain membayar utang, oknum polwan berpangkat brigadir dua itu juga menggunakan uang hasil penggelapan untuk biaya hidup.

"Dari pemeriksaan, uang hasil penggelapan mobil untuk menutup hutang uang dan dipakai yang bersangkutan (tersangka)," kata Anton, kepada Kompas.com, Jumat (2/8/2019).

Baca juga: Oknum Polwan di Pontianak Ditangkap karena Gelapkan Mobil Rental

Anton menerangkan, modus yang dilakuan tersangka adalah dengan cara menyewa mobil di rental. Kemudian digadaikan dengan Rp 30 juta.

Terkait itu, saat ini, pihaknya tengah memproses satu laporan kepolisian terkait dugaan penggelapan mobil yang dilakukan tersangka.

"Satu laporan itu yang berada di wilayah hukum Pontianak Selatan. Kasus lain bukan di sini, mungkin bisa komunikasi dengan Polda," ucap dia.

Saat ini, oknum polwan tersebut ditahan di Mapolda Kalbar untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Dia dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan.

Baca juga: Berkenalan dengan Yeni, Polwan Penerjun Payung pada Puncak HUT ke-73 Bhayangkara

"Kami proses pidananya. Kalau terkait Propam mungkin di Polda Kalbar," ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, seorang polwan yang bertugas di jajaran Polda Kalimantan Barat, berinisial E menjadi tersangka penggelapan sejumlah mobil rental. 

Dalam melakukan aksinya, polwan berpangkat birgadir dua (Birpda) itu bermodus menyewa mobil-mobil rental, kemudian digadaikan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com