Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Kampanye Prabowo di Palembang, Tunjukkan Uang Sumbangan hingga Sindir Mantan Jenderal

Kompas.com - 10/04/2019, 08:17 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menunjukan kantong plastik transparan berisi uang berkampanye di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (2/4/2019).

Prabowo memegang bungkusan tersebut dan mengatakan, uang sumbangan itu dikumpulkan dari para pendukungnya di Palembang.

Sebelumnya, penyanyi dangdut Rhoma Irama turut menghibur para pendukung Prabowo yang hadir di BKB. Saat itu, Rhoma menyanyikan beberapa lagu andalannya, antara lain Adu Domba dan 250 Juta Jiwa.

Berikut ini fakta lengkap kampanye Prabowo Subianto di Palembang:

1. Prabowo tunjukkan uang sumbangan

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat melakukan orasi politik di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (9/4/2019).KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat melakukan orasi politik di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (9/4/2019).

Saat berada di atas panggung, Prabowo memegang bungkusan plastik berisi uang. Prabowo mengatakan, uang tersebut adalah sumbangan yang dikumpulkan dari para pendukungnya di Palembang.

"Sepanjang jalan ada yang kasih Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 100.000, bahkan beberapa juta. Dari mana-mana saya terima. Ini tandanya rakyat ingin mendukung perubahan diri," kata Prabowo, Selasa.

Prabowo mengaku bangga lantaran mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat.

"Saya lebih bangga dapat sumbangan dari kalian dari pada yang lain-lain," ujarnya.

Baca Juga: Kampanye di Palembang, Prabowo Tunjukkan Plastik Berisi Uang Sumbangan Warga

2. Prabowo singgung salah satu mantan jenderal

Para pendukung capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan salam dua jari dalam kampanye terbuka di Lapangan GOR Wisanggeni, Tegal, Jawa Tengah, Senin (1/4/2019). Dalam kampanye yang dihadiri ribuan simpatisan tersebut, Prabowo Subianto berjanji akan membuat perubahan yang lebih baik, pemerintahan yang bersih dan perbaikan perekonomian. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/ama.ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah Para pendukung capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan salam dua jari dalam kampanye terbuka di Lapangan GOR Wisanggeni, Tegal, Jawa Tengah, Senin (1/4/2019). Dalam kampanye yang dihadiri ribuan simpatisan tersebut, Prabowo Subianto berjanji akan membuat perubahan yang lebih baik, pemerintahan yang bersih dan perbaikan perekonomian. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/ama.

Mantan Komandan Jenderal Kopassus Prabowo Subianto sempat menyinggung salah satu mantan jenderal yang mengatakan jika kondisi perekonomian Indonesia diklaim telah baik.

Hal itu disampaikan Prabowo di hadapan para pendukungnya di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

"Orang pintar hatinya tidak jujur berbahaya bagi rakyat. Rakyat yang saya jumpai ke mana-mana mereka kesulitan. Ada seorang mantan jenderal bilang, 'enggak kok kehidupan ekonomi baik', dijawab oleh tukang ojek langsung, 'ekonomi baik bapak duitnya banyak, coba bapak jadi tukang ojek'," ucap Prabowo.

Baca Juga: Pendukung Prabowo Dinilai Lebih Militan daripada Pendukung Jokowi, Apa Sebabnya?

3. Yel-yel "naik-naik Prabowo-Sandi, turun-turun Jokowi"

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri kampanye akbar di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (9/4/2019).KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri kampanye akbar di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (9/4/2019).

Saat menunggu kedatangan Prabowo di BKB, para pendukung Prabowo menyanyi yel-yel dengan diiringi musik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com