Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mimpi Ridwan Kamil, Warga Dilayani di Rumah, Tak Perlu Tatap Muka Saat Urus Izin

Kompas.com - 24/10/2018, 13:15 WIB
Dendi Ramdhani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa aparatur sipil negara (ASN) Pemprov Jabar di bawah kepemimpinannya harus memiliki pola pikir inovatif, khususnya dalam hal pelayanan publik

Oleh karena itu, dia akan menempuh sejumlah langkah untuk mengubah pola pikir ASN.

"Ke depan Pemprov jabar akan melakukan perubahan pola pikir dimana ASN akan lebih ramping (efektif). Pelayanan masyarakat akan lebih dilayani di rumah masing-masing sehingga dengan konsep seperti ini, pelayanan akan lancar tanpa harus warga Jabar mendatangi kantor pemerintahan," kata Ridwan setelah menghadiri seminar Shifting Bureaucracy di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (24/10/2018).

Baca juga: Ridwan Kamil Tak Ingin Campuri Polemik Pemkot Bekasi dan Pemprov DKI Jakarta

Selain Itu, pria yang akrab disapa Emil itu akan segera mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang reformasi birokrasi untuk menyamakan standar kualitas pelayanan di organisasi perangkat daerah dan pemerintah tingkat II.

"Ujung akhirnya adalah kualitas pelayanan dan birokrasi di Pemprov harus setara dengan kualitas pelayanan di sektor swasta. Isi Pergubnya tentang SOP baru wajib untuk semua daerah misalnya e-budgeting, semua daerah menerapkan sistem online, semua urusan kan begitu," ujarnya.

Baca juga: Mengenal Pantai Waikiki Hawaii, Impian Ridwan Kamil untuk Pantai Pangandaran

Untuk urusan integritas, Emil tengah mencari sistem untuk meminimalisasi tatap muka antara pegawai dan masyarakat khususnya di bidang perizinan.

"Kami akan pelajari. Kalau bisa, jangan lagi ada ketemu manusia dengan manusia di urusan perizinan," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com