Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Mata Ridwan Kamil di Pidato Terakhirnya sebagai Wali Kota Bandung

Kompas.com - 04/09/2018, 18:50 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Ridwan Kamil tak kuasa membendung air matanya saat menyampaikan pidato terakhirnya di hadapan para kepala dinas, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (4/9/2018).

Ini merupakan pidato terakhir Ridwan Kamil sebelum dilantik menjadi Gubernur Jabar, Rabu (5/9/2018).

Kepada para pegawainya, pria yang akrab disapa Emil itu berpesan agar mempertahankan integritas serta ritme kerja.

"Tiap hari ikhtiar saja jadi camat, kabag, asisten, kadis yang baik. Allah tak akan memberikan takdir yang keliru, ada takdir yang ditunda. Jadi Allah selalu memberikan skenario yang terbaik," ucap Emil sambil menahan tangis.

Baca juga: Istri Masih Sakit Jelang Pelantikan, Ridwan Kamil Siapkan Kursi Roda

Emil mengatakan, sebagai pejabat publik harus berorientasi pada hasil. Ia menceritakan, bagaimana ia mengerjakan proyek 'sangkuriang' dalam pelaksanaan Konferensi Asia Afrika 2015 lalu.

"Seringkali proyek tehambat karena kita tak paham ujungnya. Contoh KAA, saya ingat 20 proyek harus dikerjakan untuk menyambut kepala negara. Trotoar rusak dan macam-macam," katanya. 

"Saya bilang ke Presiden, bapak nyuruh persiapan bulan Februari dan beres April. 60 hari 20 proyek bisa selesai. Itu tandanya orang kita hebat," ungkapnya.

Ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih dan memohon maaf kepada para pegawainya yang telah menemani perjalanannya selama lima tahun. 

Kompas TV Ridwan Kamil menyampaikan dukungannya kepada calon petahana Joko Widodo sudah final dan tak perlu dipertanyakan lagi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com