Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oknum TNI yang Tikam Warga Pakai Sangkur Dikeroyok hingga Pingsan

Kompas.com - 01/05/2018, 14:40 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Sandro Gatra

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com - Pratu ML, oknum anggota Satgas Yonif Riader 515 yang menikam Dekris Bakarbessy, warga Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, di bagian kepala, ikut dikeroyok warga hingga pingsan, Selasa (1/5/2018).

Kepala Penerangan Kodam XVI Pattimura Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho menjelaskan, insiden itu terjadi saat Pratu ML dan seorang rekannya, Praka K, selesai bertugas mengamankan pesta di Desa Waai.

Saat hendak pulang ke pos mereka sekitar pukul 3.00 Wit, kedua prajurit TNI ini melihat masih ada sejumlah warga yang berkerumun di pertigaan jalan di desa itu.

Baca juga : Seorang Pemuda Kritis Setelah Ditusuk Pakai Sangkur oleh Tentara

Keduanya kemudian meminta warga untuk segera kembali ke rumah masing-masing. Namun, ternyata ada warga yang melawan hingga terjadilah cekcok mulut.

“Ada masyarakat yang memegang batu kemudian mengejar Pratu ML, ada juga yang melempari pakai batu. Pada saat itu Pratu ML yang terdesak kemudian melakukan pembelaan dangan mencabut sangkur dan menikam salah satu masyarakat, Dekris Bakarbesy ,” ungkap Sihaloho, Selasa (1/5/2018).

Sihaloho mengatakan, Pratu ML saat itu dikejar sekitar enam orang. Mereka kemudian menghajar Pratu ML hingga pingsan di lokasi kejadian.

“Pratu ML dipukul dengan menggunakan batu oleh warga yang lain hingga mengakibatkan dia pingsan,” kata Sihaloho.

Menurut Sihaloho, sekira pukul 04.00 WIT, Danpos Satgas Yonif Raider 515 yang ada di desa itu, Serma Hariyono, bersama lima orang anak buahnya lalu mendatangi lokasi kejadian.

Mereka berusaha menenangkan situasi serta mengevakuasi Pratu ML.

Pratu ML kemudian dibawa ke ICU RST dr Latumeten. Sampai saat ini, Pratu ML masih mendapat perawatan di rumah sakit tersebut.

Sihaloho menjelaskan, masalah tersebut kini telah ditangani oleh Pomdam XVI/Pattimura untuk dilakukan proses hukum.

“Kasusnya sementara dalam tahap penyidikan. Sementara untuk pelaku akan ditindaklanjuti setelah kondisinya membaik,” katanya.

Dia juga mengatakan, saat ini sangkur yang menancap di kepala korban penikaman sudah berhasil diangkat oleh tim medis di RSUD dr Haulussy Ambon.

“Korban Dekris Bakarbessy saat ini sudah selesai dioperasi. Enam anggota Kodam juga telah melaksanakan transfusi darah untuk disumbangkan kepada korban,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com