Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idrus Marham: Saya Kesini Memastikan Korban Longsor Terurus

Kompas.com - 27/02/2018, 13:26 WIB
Ari Himawan Sarono,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BREBES, KOMPAS.com - Menteri Sosial Idrus Marham bersama Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengunjungi lokasi longsor di Desa Pasir Panjang, Salem, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (27/2/2018).

Rombongan yang didampingi bupati Brebes dan pejabat terkait melihat langsung pencarian 7 korban yang dinyatakan hilang.

Menurut Idrus Marham, kedatangannya ke lokasi longsor merupakan bentuk nyata dari pesan presiden agar turun ke bawah melihat kondisi bencana. Ia memastikan tidak ada korban yang tidak terurus misalnya kekurangan makan atau tempat tinggal.

"Saya kesini memastikan anak bangsa korban longsor terurus, harus diurusi makannya, tempat tinggalnya, yang luka-luka harus diurusi," tutur Idrus.

(Baca juga : Foto-foto Terkini di Lokasi Longsor Brebes, 13 Orang Masih Hilang )

Kementerian Sosial bersama DPR RI berencana memberikan bantuan kepada korban longsor di Brebes. Ia juga meminta Bupati Brebes Idza Priyanti, secepatnya mendata dan menginventarisir kerusakan yang ada.

"Masyarakat yang terkena bencana kita siapkan bantuan seperti jaminan hidup, misalnya hunian sementara beserta isinya. Termasuk jangka panjang perlu ada perumahan tetap akan kita pikirkan bersama," lanjut dia.

Kementerian Sosial juga memikirkan jembatan penghubung yang merupakan akses jalan antar provinsi yang putus akibat longsor. Dalam kunjungannya, Kementrian Sosial memberikan bantuan Rp 1,1 miliar lebih untuk penanganan longsor dan banjr di Brebes.

Selain mengunjungi lokasi longsor, Idrus mendatangi posko terpadu melihat langsung logistik serta berkoordinasi dengan bupati Brebes serta Dandim 0710 yang merupakan pimpinan operasi pencarian korban.

(Baca juga : Acara yang Penuh Bahagia Itu Berakhir Tragis, Separuh Tamu Undangan Terkubur Longsor )

Hingga hari ke-6 proses pencarian 7 korban akibat tanah longsor di Brebes masih dilakukan. Masa tanggap darurat bencana tanah longsor di Brebes dari 22 Februari hingga 7 Maret 2018.

Kompas TV Batuan tebing sudah 3 hari menutupi jalur utama lintas provinsi di Ponorogo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com