Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Menteri Susi Teringat Bakso dan Baris-berbaris...

Kompas.com - 15/12/2017, 18:47 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti untuk pertama kalinya menghadiri Lustrum XII SMAN 1 Yogyakarta. Susi mengaku senang dan terharu karena teringat semasa ia menempuh pendidikan di SMAN 1 Yogyakarta.

"Senang, bahagia, dan sedikit terharu ingat masa lalu. Kan masa lalu itu sebuah masa yang penting untuk kita semua ingat dan diingatkan," ujar Susi seusai Talkshow Lustrum XII SMAN 1 Yogyakarta di Jogja Expo Center (JEC), Jumat (15/12/2017).

Susi mengaku, banyak kenangan menarik selama sekolah di SMAN 1 Yogyakarta. Kenangan itu pun masih tersimpan sampai saat ini.

"Kenangan menarik banyak, makan bakso rame-rame, latihan baris-berbaris, diskusi kayak seperti debat kusir," ucapnya.

(Baca juga : Tantangan Menteri Susi untuk Anies-Sandi Percantik Danau Sunter seperti di Geneva )

Kehadiran Susi Pudjiastuti di acara Lustrum SMAN 1 Yogyakarta ini merupakan yang pertama kalinya. Ia pun telah jauh-jauh hari mengosongkan waktu khusus agar tanggal 15 Desember 2017 tidak ada acara sehingga dapat menghadiri acara Lustrum.

"Dalam kesibukan sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, kadang-kadang mencari waktu untuk bertemu dengan teman saja susah sekali. Tapi alhamdulillah saya sudah plot tidak boleh ada acara tanggal 15 (Desember)," tegasnya.

Susi berpesan, generasi muda dan siswa-siswi yang saat ini masih menempuh pendidikan di SMAN 1 Yogyakarta lebih maju dan memikirkan masa depan. Sebab, tantangan dan persaingan ke depan semakin berat.

"Saya pikir anak-anak harus lebih maju ke depan, memikirkan masa depan, segera merencanakan masa depan, dan bekerja untuk masa depan," tuturnya.

(Baca juga : Menteri Susi Sebal Anggaran KKP Habis Buat Bayar Konsultan )

Di acara talk show dalam rangka Lustrum XII SMAN 1 Yogyakarta, Menteri Susi menjadi pembicara utama. Turut hadir Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam X dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy yang juga alumni SMA tersebut.

Menteri Susi tercatat sebagai siswa SMAN 1 Yogyakarta pada 1980. Namun di tengah perjalanan, menteri kelahiran Pangandaran ini tidak menyelesaikan pendidikannya dan memilh merintis bisnis. 

Kompas TV Yang juga tengah jadi sorotan adalah tantangan dari Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti kepada Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com