Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Surabaya-Mojokerto Segera Beroperasi, Berapa Tarifnya?

Kompas.com - 07/12/2017, 17:45 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) akan segera beroperasi menjelang libur Natal. Sejak awal, tol ini digadang-gadang sebagai solusi kemacetan parah yang kerap terjadi di kawasan Kletek dan Sepanjang (Sidoarjo).

Meski tinggal menunggu peresmian setelah kelaikan jalan keluar, namun manajemen pengelola tol belum memberikan keterangan resmi mengenai tarif tol yang akan berlaku.

Reni S Urini, Manager Kesekretariatan & Admin PT Jasamarga Surabaya Mojokerto, menuturkan bahwa pihaknya masih menunggu edaran resmi. Namun sebagai bocoran, lanjut dia, tarif tol tidak lebih dari Rp 1.050 per kilometer.

Reni menyampaikan, sesuai business plan yang sudah disetujui, tarif tol Sumo sepanjang 36,27 kilometer itu adalah Rp 1.050/km.

"Tunggu saja nanti tarif resminya. Semua akan kami sampaikan ke masyarakat," ujar Reni yang juga sekaligus menjabat Humas PT Jasa Marga Surabaya-Mojokerto itu, Rabu.

(Baca juga: Tunggu Jadwal Presiden, Tol Surabaya-Mojokerto Siap Diresmikan)

Tol Sumo terdiri dari 5 seksi ruas jalan. Dua seksi sudah lebih dulu beroperasi yakni, Seksi 1A dan Seksi IV.

Seksi IA membentang mulai dari Waru hingga Sepanjang. Seksi ini diresmikan dan beroperasi pada 27 Agustus 2011. Tarif tol untuk mobil pribadi adalah Rp 1.500.

Sementara itu, Seksi IV ruas Krian-Mojokerto sepanjang 18,6 kilometer diresmikan dan beroperasi pada 19 Maret 2016. Tarifnya Rp 15.500 untuk kendaraan pribadi.

Tiga seksi lainnya segera menyusul beroperasi. Ketiga seksi itu meliputi Seksi IB mulai dari Sepanjang hingga Western Ring Road (WRR) sepanjang 4,3 kilometer, Seksi II WRR-Driyorejo  sepanjang 5,1 kilometer dan Seksi III Driyorejo-Krian sepanjang 6,1 kilometer.


Berita ini telah tayang di Surya, Rabu (6/12/2017), dengan judul: Tol Surabaya-Mojokerto Segera Beroperasi, Tarifnya Diperkirakan Kurang dari Rp 40.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com