Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hiu Sepanjang 4 Meter Terdampar di Perairan Gresik

Kompas.com - 30/05/2017, 16:55 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com - Seekor ikan hiu tutul sepanjang empat meter dengan berat mencapai sekitar satu ton, ditemukan warga tengah terdampar di perairan Gresik, Selasa (30/5/2017).

Adalah Bejo (44), warga Kelurahan Kroman, Kecamatan Gresik, Gresik, Jawa Timur, yang pertama kali menemukan ikan hiu tutul tersebut tengah terdampar di perairan Gresik.

"Saat saya mau mengantar penumpang (anak buah kapal) kembali ke kapalnya yang sedang sandar, saya tidak sengaja menemukan hiu itu, sekitar 08.30 pagi tadi," ujar Bejo, Selasa.

Pada saat ditemukan kondisi ikan hiu masih dalam kondisi sekarat. "Dengan panjang dan berat segitu, tidak mungkin saya bisa menariknya dengan hanya satu perahu. Makanya saya kemudian balik ke kampung untuk mencari bantuan," ucapnya.

Beserta anak dan juga para warga Kelurahan Kroman yang lain, Bejo dengan dibantu empat perahu lain lantas kembali mendatangi tempat ikan hiu tersebut terdampar. Namun saat mereka tiba di lokasi, ikan hiu yang terdampar tersebut sudah mati. Akhirnya mereka pun memutuskan untuk membawa ikan hiu tersebut ke daratan.

Saat ini, hiu tersebut masih menjadi pusat perhatian dan tontonan warga sekitar. Sementara Bejo mengaku, masih bingung dengan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

"Sementara lihat dulu. Kalau memang ada yang ingin beli ya akan saya jual, tapi kalau nggak ya akan kami kembalikan lagi ke tengah laut," ucap Bejo.

Meski di lingkupi area perairan, namun warga Kelurahan Kroman sudah lama tidak melihat ikan hiu berukuran besar yang terdampar di wilayahnya. Sehingga warga cukup antusias untuk menonton ikan hiu tersebut.

"Dulu memang sempat ada, tapi itu sudah puluhan tahun lalu, saat masih belum banyak pabrik dan kawasan pelabuhan seperti sekarang," kata Ahmad Huda (56), salah satu warga sekitar. 

Baca juga: Pindahkan Bangkai Paus, Warga Desa Soleh Minta Bantuan ?Tug Boat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com